Langsung ke konten utama

Perjalanan EPIC Perayaan Ulang Tahun ke 30 di Jogja


Happy birthday to me, happy birthday to me, happy birthday, happy birthday, happy birthday to meeeee," nyanyiku dengan rasa bahagia sembari menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam di Candi Ratu Boko.

Kalau tahun 2022 lalu Bee menghadiahkan diri dengan menonton pertunjukan Tari Kecak dan Tari Api di Pura Uluwatu Bali, maka tahun 2024 ini Bee merayakannya di daerah dengan julukan Kota Gudeg. Kedatangan Bee kesana demi merealisasikan my thirtieth birthday wish list, yaitu menyaksikan sunset di Candi Ratu Boko dan menonton pertunjukkan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan.

“Iya, Bee memasuki fase angka tiga. Ya Allah! Masya Allah, Alhamdulillah.”

Jujur saja rasanya panik sedikit haha, tapi banyak happy nya karena Bee bangga dan bersyukur dengan apa yang telah Bee lewati sampai tiga puluh tahun ini *butterfly hug. Oleh karena itu, Bee ingin memberikan reward dan hadiah ke diri sendiri dengan traveling ke Yogyakarta.

Bee di Pura Uluwatu, sebelum menonton pertunjukan Tari Kecak tahun 2022 lalu

Diingat-ingat momen dua tahun lalu masih sangat berkesan buat Bee. Mulai dari takjub melihat pesona Pura Uluwatu yang cantik dan dramatis, lalu keindahan tebing tinggi berpadu pemandangan luasnya samudra dari atas tebing. Kemudian perasaan haru sekaligus bahagia saat pertama kali mendengar gemuruh suara "cak" dari seluruh penari secara langsung di pertunjukan Tari Kecak. Pertunjukannya pun semakin seru dengan adanya atraksi tarian api oleh Hanoman. Bisa dibilang dari awal dimulai hingga berakhir, Bee tidak berhenti-henti kagum, ketawa, dan teriak wow. Kenapa tidak, pertunjukan spektakuler ini semakin spesial dengan panorama matahari terbenam di Samudra Hindia.

Sebagai seseorang yang suka dengan pertunjukan seni, Bee lega banget karena tiket pertunjukan Tari Kecak dan Tari Api di Pura Uluwatu bisa dengan mudah dipesan melalui Traveloka Xperience. Begitu juga tiket Candi Ratu Boko dan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan. Selain terpercaya, pemesanan tiket melalui Traveloka Xperience juga mudah untuk proses refund hingga 100% ataupun reschedule. Belum lagi potongan harganya juga lumayan banget buat kantong traveler on budget seperti Bee. Tahun 2022 lalu Bee dapat harga tiket pertunjukan Tari Kecak dan Tari Api di Pura Uluwatu dari yang awalnya 140 ribu rupiah menjadi 126 ribu rupiah. Mantap gak tuh? 

Pemandangan sunset yang indah saat Pertunjukan Tari Kecak di Pura Uluwatu

Apalagi sekarang Traveloka ada Epic Sale hingga 11 Agustus 2024. Harga tiket Candi Ratu Boko saja super epic, yaitu beli dua tiket gratis satu tiket seharga 80 ribu rupiah. Tinggal cari teman barengan, dan legoo berangkat ini mah.

Sudah jauh-jauh ke Yogyakarta dari Kalimantan, rasanya nggak afdol kalau belum explore Malioboro dan sekitarnya. Kalau kebanyakan orang mungkin tujuannya ke Malioboro untuk belanja, Bee sendiri lebih tertarik hunting spot foto estetik dan vintage, lalu jajan jajanan pasar. Oleh karena itu pemilihan penginapan harus memenuhi berbagai kriteria Bee, mulai dari aksesnya yang mudah dengan jalan kaki (hemat budget kan ya hehe), dan harganya terjangkau dengan kualitas yang terjamin.
 
Setelah dipilih, dipilah, ditimbang, dihitung, Bee memutuskan untuk menginap di Malioboro Garden Hotel pada malam terakhir. Alasanya, tentu karena dekat dengan Jalan Malioboro. Kemudian suasana hotelnya yang asri dan hijau dengan fasilitas resepsionis 24 jam. Terakhir, harga Malioboro Garden Hotel untuk tipe superior Twin Room Only per-malamnya di Traveloka dibawah 300 ribu rupiah karena sedang Epic Sale.

Sedangkan untuk hari pertama hingga ketiga, Bee sengaja pilih yang sedikit lebih mahal karena Bee ingin menginap di penginapan yang memiliki suasana hijau, nyaman, dan bangunannya khas rumah Jawa, dengan harga rate nya masih bisa Bee jangkau, yaitu under 400 ribu rupiah, yaitu hotel di Djembar Inn. Menurut Bee lokasinya masih cukup dekat ke Candi Ratu Boko, maupun ke Candi Prambanan, yaitu sekitar 20 menitan menggunakan kendaraan. Bikin leganya, pesan hotel Djembar Inn di Traveloka ada fitur Don't Worry No Rugi, yaitu No Need to Pay Now alias bisa bayar hotelnya nanti saat check-in. Sedangkan di Malioboro Garden Hotel ada gratis pembatalan dan bisa bayar H-1 check in.

Meskipun kamar di kedua hotel yang Bee pesan tidak menyediakan sarapan, hal ini buat Bee bukanlah masalah karena urusan sarapan dan makan, Bee lebih senang jelajah kuliner lokal di sekitar. Apalagi makanan di Jogja terkenal murah meriah. Sudah ada nih lists makanan dan jajanannya, seperti Sate Klathak, Gultik, Gudeg, dan banyak lagi deh.

Well, ini semua masih rencana yang semoga segera terwujud, Aamiin. Jujur saja empat hari tiga malam eksplor Jogja buat Bee kurang banget. Bee penasaran main ke wisata alamnya, seperti pantainya, terus pengen belajar berkuda juga di sana, karena di Pontianak tidak ada stable kuda, guys. Yaaa, pelan-pelan saja lah ya hehe, jalan-jalan impiannya kita cicil sedikit demi sedikit sambil mengumpulkan cuan. Jadi, please Traveloka Epic Sale diskon sampai dengan 80% nya sering-sering ya *ngelunjak haha. 

Kalau Bee ditanya kenapa birthday trip nya ke Jogja? Kenapa nggak ke luar negeri?

Yaaa karena Bee penasaran banget nonton Sendratari Ramayana di Candi Prambanan. Sebuah pertunjukan Ramayana Ballet yang memukau dengan pemandangan Candi Prambanan di belakangnya. Ditambah lagi adanya nyanyian Sinden yang lembut diiringi musik gamelan Jawa yang akan semakin membuat kita terpukau. Baru ngebayanginnya saja Bee sudah pengen loncat-loncat excited? Pengalaman ini jelas nggak ada di luar negeri. Hanya ada di Indonesia. Kalau kamu sudah pernah menyaksikan pertunjukan ini? Bagaimana? Seru kan ya?


Mungkin tahun depan kali ya, birthday trip nya ke luar negeri. Yang dekat, dekat saja dulu deh, seperti Singapura, karena Bee belum pernah ke sana. Soalnya waktu Bee cek Traveloka, banyak banget Super Epic Deals yang menggoda, mulai dari hotel sampai atraksinya. Misalnya saja River Wonders dan Madame Tussauds promo beli satu tiket dapat gratis satu tiket. Tapi kalau promonya begini, fix Bee gak bisa solo traveling, wkwk kalau sendiri, tiket gratisnya hangus dong hehe.Yuks kita barengan jalan-jalan ke Singapura.

Pilihan hotel di Singapura dan Malaysia yang diskon sampai dengan 80%

Nah, ini cerita birthday trip impian Bee di Jogja. Boleh share di kolom komentar, rekomendasi makanan atau tempat favorit versi kamu di Jogja buat nambah-nambahin list Bee. Kalau kamu punya juga gak birthday trip impian? Mau itu di dalam maupun luar negeri, kamu bisa pesan hotel ataupun atraksi di Traveloka. Mau ke Korea atau negara lainnya, tapi suka deg-degan khawatir visa ditolak tapi tiket sudah dipesan? Gak perlu khawatir karena di Traveloka ada fitur Perlindungan Visa, yaitu biaya perjalananmu akan kembali 80% jika aplikasi visa ditolak.

In sya Allah, kalau Bee beneran main ke Jogja dan telah merealisasikan perjalanan perayaan ulang tahun ke 30 ini, akan segera Bee bagikan dan ceritakan ke kamu. Sekian cerita Bee: Perjalanan EPIC Perayaan Ulang Tahun ke 30 di Jogja. Sampai jumpa di cerita Bee selanjutnya. Terus bersyukur, dan tebar kebaikan. Salam.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRADISI MAKAN SAPRAHAN: Keindahan Budaya di Kabupaten Sambas

TRADISI MAKAN SAPRAHAN: Keindahan Budaya di Kabupaten Sambas Assalamualaikum. Hello semuanya. Kalian mungkin sudah sering dengar dan baca bahwa Indonesia memiliki 17.504 pulau dan 1.340 suku. Kekayaan alam dan budaya negeri pertiwi inilah yang menjadikan Indonesia dikenal dunia, memiliki banyak potongan ‘surga’ yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Panorama alam Indonesia yang menawan juga indah menjadi salah satu alasan banyaknya traveller mancanegara berbondong-bondong terbang ke Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia, termasuk saya, mengukir mimpi dapat mengelilingi berbagai daerah di negeri tercinta.

Kesan Setelah Menonton Film Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea

Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea Judul Film : Jilbab Traveller: Love Sparks in Korea Distibutor  : Rapi Films Producer  : Gope T Samtani Director : Guntur Soeharjanto Writer : Alim Sudio Cast :Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Ringgo Agus Rahman, Wawan Wanisar, Dewi yull, Indra Bekti, Tasya Nur Medina, Ferry Ardiansyah, Adila Jelita, Lee Won Joo, Jonathan Na. “Kamu mencuri mimpi-mimpiku. Dan aku suka.”

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur Pernahkah anda  mencicipi sayur Bunga Tebu? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Atau jangan-jangan belum pernah mencobanya? Atau tidak tau bahwa tanaman yang mirip tebu ini memiliki bunga yang dapat dimakan? Bunga Tebu atau biasa disebut Tebu Telur adalah termasuk jenis sayur-sayuran. Dalam bahasa latin namanya adalah Saccharum edule Hasskarl . Kalau di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog atau Terubus . Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan Tebu Endog atau Tebu Terubuk . Alasan kenapa bunga tebu ini disebut Tebu Telur karena teksturnya mirip dengan telur ikan. Awalnya ketika Mama menawarkan Tebu Telur , dibayangan saya bentuknya bulat-bulat putih, lembek seperti ulat. Saya diam saja ketika tau Mama berhasil memborong banyak Tebu Telur di pasar Sanggau untuk dibawa pulang ke Pontianak sebagai menu masakan di rumah dan oleh-oleh ke tetangga.